Tafsirah, Tafsirah (2025) ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN SIKAP BERBASIS TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI DATOK SULAIMAN PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Tafsirah Diman] Text (Skripsi Tafsirah Diman)
18 0205 0052 TAFSIRAH DIMAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilaian sikap merupakan salah satu aspek penting dalam Kurikulum 2013 yang bertujuan membentuk karakter siswa secara utuh, namun pada praktiknya masih sering dihadapi kendala seperti instrumen yang kurang sesuai dan penilaian
yang belum optimal. Hal ini mendorong perlunya penerapan metode evaluasi yang lebih reflektif dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penilaian sikap berbasis teknik penilaian diri dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di kelas V MI Datok Sulaiman Palopo. Penilaian sikap menjadi bagian penting dalam Kurikulum 2013 yang menekankan pengembangan karakter peserta didik melalui pendekatan evaluatif yang holistik. Teknik penilaian diri dipilih karena dapat mendorong siswa untuk secara reflektif mengevaluasi perilaku dan sikap mereka selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas V MI Datok Sulaiman Palopo. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik penilaian diri dilakukan secara sistematis melalui penyusunan instrumen yang sesuai dengan karakteristik siswa, pembentukan lingkungan belajar yang mendukung, dan keterlibatan orang tua dalam pemantauan perkembangan sikap anak. Penilaian diri terbukti membantu siswa memahami kelebihan dan kekurangan mereka, serta menumbuhkan sikap positif terhadap pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi evaluasi sikap yang efektif, relevan, dan kontekstual di tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci: Penilaian Sikap, Penilaian Diri, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa MI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 05 Nov 2025 06:12
Last Modified: 05 Nov 2025 06:18
URI: http://repository.uinpalopo.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item
View Item