Teguh Perkasa, A. Massangadi (2025) PENERAPAN METODE TAHFIẒ PAKISTANI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PONDOK TAHFIZH UMMUL QURO’ KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi A.Massangadi Teguh Perkasa] Text (Skripsi A.Massangadi Teguh Perkasa)
2002010072 A. MASSANGADI TEGUH PERKASA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan Metode Tahfiẓ Pakistani dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Tahfizh Ummul Quro’ Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan
metode Tahfiẓh Pakistani serta hasil penerapannya terhadap peningkatan kualitas hafalan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes hafalan lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tahfiẓ Pakistani secara signifikan meningkatkan kualitas hafalan santri. Aktivitas guru meningkat dari 77,88% pada siklus I menjadi 90,38% pada siklus II, sedangkan aktivitas santri meningkat dari 73,68% menjadi 93,42%. Hasil tes hafalan santri menunjukkan bahwa pada siklus I, hanya 6 dari 11 santri (54,5%) yang tuntas, dengan nilai ratarata 12,18 (kategori جدا جيد / Sangat Baik), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 9 santri (81,8%) dengan nilai rata-rata 13,27 (kategori جدا جيد / Sangat Baik). Dengan demikian, penerapan metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di pondok Tahfizh.

Kata Kunci: Tahfiẓ Pakistani, Hafalan Al-Qur’an, Kualitas Hafalan, PTK, Ummul Quro’

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 10 Nov 2025 01:32
Last Modified: 10 Nov 2025 01:32
URI: http://repository.uinpalopo.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item
View Item