HAZBULLAH, ANDI MUHAMMAD FAJAR (2025) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 65 BUA KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Andi Muh,Fajar] Text (Skripsi Andi Muh,Fajar)
2002010071 andi muh. fajar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya minat belajar peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 65 Bua Kabupaten Luwu berupaya meningkatkannya melalui pemberian reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran serta pengaruh reward dan punishment terhadap minat belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SDN 65 Bua Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa kuesioner reward, punishment,
dan minat belajar. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 65 Bua yang berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara deskriptif, variabel reward, punishment, dan minat belajar berada pada kategori sedang; 2) reward
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik, sebagaimana dibuktikan oleh nilai t-hitung sebesar 6,773 > t-tabel 1,674 dengan signifikansi 0,000 < 0,05; 3) punishment juga menunjukkan pengaruh positif dan
signifikan, dengan nilai t-hitung sebesar 2,213 > t-tabel 1,674 dan signifikansi 0,031 < 0,05; 4) secara simultan, reward dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik, ditunjukkan melalui nilai f-hitung
sebesar 55,261 > f-tabel 3,17 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun koefisien determinasi (R²) sebesar 67,2% menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment secara bersama-sama memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan minat belajar peserta didik.

Kata Kunci : Reward, Punishment, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 10 Nov 2025 06:00
Last Modified: 10 Nov 2025 06:00
URI: http://repository.uinpalopo.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item
View Item