Salman, Ayyub (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 RANO KABUPATEN TANA TORAJA. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurfadila Lele Tongan] Text (Skripsi Nurfadila Lele Tongan)
21 0206 0088 NURFADILLA_LELE_TONGAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran kepala sekolah dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rano Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala
sekolah dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rano dan penerapan pembelajaran berbasis digital di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rano. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang diguanakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verifikasi data
(menarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran kepala sekolah dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Rano adalah kepala sekolah telah menjalankan perannya dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital diantaranya kepala sekolah sebagai
educator membimbing guru dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran berbasis digital, kepala sekolah sebagai manager kepala sekolah memastikan ketersediaan infrastruktur teknologi perangkat keras (komputer dan Liquid Crystal Display (LCD) dan jaringan internet), kepala sekolah sebagai supervisor melakukan pengawasan efektif untuk mencegah penyalahgunaan teknologi digital oleh siswa, kepala sekolah sebagai leader menyusun kebijakan pembelajaran berbasis digital, dan kepala sekolah sebagai motivator memotivasi perubahan budaya kerja di sekolah untuk lebih adaptif terhadap digitalisasi; (2) Penerapan pembelajaran berbasis digital di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rano adalah sekolah ini mengadopsi platform digital sebagai perangkat lunak untuk menciptakan modul dengan canva, powerpoint, dan video pembelajaran yang menarik, yang dapat diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja. Selain itu, penggunaan google classroom menjadi sentral dalam mengelola kelas, di mana guru dapat mengunggah materi, memberikan tugas, dan memantau kemajuan siswa secara real time.

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Pembelajaran Berbasis Digital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 303.34 Kepemimpinan
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:57
Last Modified: 11 Nov 2025 02:57
URI: http://repository.uinpalopo.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item
View Item