Sandawalang, Muh.Yusuf (2025) PEMENUHAN HAK-HAK KONSUMEN DI ERA DIGITAL. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
MUH YUSUF SANDAWALANG.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai Perlindungan Konsumen terhadap Pemenuhan hakhak Konsumen di Era Digital . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana perlindungan hukum dalam bertransaksi jual beli melalui ecommerce, dan untuk mengetahui tanggung jawab para pihak dalam transaksi jual beli melalui e-commerce. Metode penelitian yang digunakan Adalah metode penelitian empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengumpulkan data-data yang ada melalui peraturan undangundang, jurnal, skripsi, buku-buku tentang hukum terkait dengan judul. Teknik analisis data yang digunakan yaitu induktif, selanjutnya di sajikan dalam bentuk deskriptif terhadap fakta-fakta yang dikumpulkan dari undang- undang,skripsi, jurnal, dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, masih banyak kasus pelanggaran hak-hak konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha saat melangsungkan akad transaksi
jual beli barang yang di perlihatkan kadang tidak sesuai dengan dengan kenyaataan. Setelah barang tiba dan mengalami kerusakan. Hal inilah yang membuat beberapa konsumen di rugikan. Namun tidak banyak dari pelaku usaha yang mempunyai
itikad baik kepada konsumen. Untuk itu jika tidak dapat menempuh dengan cara berdamai maka penyelesaiannya Pasal 45 Undang-Undang Perlindungan Konsumen menyatakan bahwa Penyelesaian sengketa atas wanprestasi dapat diselesaikan secara litigasi dan non litigasi.
Kata kunci: Perlindungan, Hak, Konsumen
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 302.15 Aturan Sosial |
| Divisions: | Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 06:41 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 06:41 |
| URI: | http://repository.uinpalopo.ac.id/id/eprint/11977 |
