Kurniati, Kurniati (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 WALENRANG. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Kurniati] Text (Skripsi Kurniati)
2102060114 KURNIATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran di SMP Negeri 5 Walenrang. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran melalui perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan di SMP Negeri 5 Walenrang; untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran di SMP
Negeri 5 Walenrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakasek bidang sarana dan prasarana, staf tata usaha dan guru. Data penelitian yang diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal: 1) manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang kualitas pembelajaran yang meliputi proses perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan yang telah dilakukan secara sistematis dengan melibatkan kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya; 2) kualitas pembelajaran di SMP Negeri 5 Walenrang
merujuk pada sejauh mana proses belajar-mengajar yang berlangsung di institusi pendidikan mampu memenuhi kebutuhan, harapan, serta standar yang diinginkan
oleh siswa, orang tua, dan masyarakat; dan 3) faktor pendukung sarana dan prasarana didukung oleh beberapa faktor yaitu pemeliharaan yang kompeten dan pengelolaan fasilitas yang efektif dan efisien, dukungan dari pemerintah dan dinas
pendidikan dalam hal anggaran dan pengadaan. Sedangkan faktor pengambatnya adalah keterbatasan anggaran, masih kurang sumber daya manusia dan kurangnya kesadaran dari sebagian siswa dalam merawat fasilitas sehingga mempercepat
kerusakan.

Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:24
Last Modified: 05 Dec 2025 07:24
URI: http://repository.uinpalopo.ac.id/id/eprint/11995

Actions (login required)

View Item
View Item