Hanipa, Hanipa (2025) PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM GURU PENGGERAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Hanipa] Text (Skripsi Hanipa)
SKRIPSI_HANIPA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang persepsi terhadap Program Guru Penggerak di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap Program Guru Penggerak di Sekolah Menengah
Atas Negeri se-Kota Palopo, meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 306 orang guru yang berasal dari
5 SMA Negeri Palopo. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Yamane dengan jumlah sampel 173 orang guru. Data diperoleh melalui angket. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap Program Guru Penggerak di SMA Negeri se-Kota Palopo berada pada kategori sangat baik dengan memperoleh persentase sebesar 85,8%. Dengan rincian sebagai berikut: 1) persepsi guru dalam aspek perencanaan yang meliputi analisa peluang dan tujuan berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,5%; 2) persepsi guru dalam aspek pelaksanaan yang meliputi profesional, transparan, akuntabel, terbuka, kolabortif
dan berkelanjutan berada pada kategori sangat baik dengan memperoleh persentase sebesar 86%; 3) persepsi guru dalam aspek evaluasi yang meliputi konteks, input, proses dan produk berada pada kategori sangat baik dengan memperoleh persentase sebesar 84,8%.

Kata Kunci: Persepsi Guru, Program Guru Penggerak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:20
Last Modified: 11 Nov 2025 07:20
URI: http://repository.uinpalopo.ac.id/id/eprint/11906

Actions (login required)

View Item
View Item